Selasa, 26 April 2011

Chao Phraya แม่น้ำเจ้าพระยา (2)















Perjalanan kami berkeliling sungai Chao Phraya berlangsung lama. Untuk menghabiskan waktu, saya mengamat-amati berbagai macam rumah dan kehidupan yang ada di pinggiran sungai.

Banyak rumah yang dibangun di emperan sungai, seperti di Indonesia. Tapi, jangan bayangkan kondisi rumahnya seperti rumah di Indonesia, haha, di sana rumahnya banyak berupa rumah panggung bagus, nggak berkesan kumuh. Banyak penduduk yang menyediakan juga 'dermaga' untuk perahu dibelakang rumahnya. Kemudian saya berpikir, kalau antar tetangga bisa berkunjung dengan perahu dong *males jalan. Sungai di sana terpetak-petak jadi banyak belokan/gang atau 'Soi' dalam bahasa Thai. Ampun deeh.. orang Thai benar-benar memanfaatkan betul transportasi sungai ini.


















Berhubung, semua teman saya tiada yang bersuara sepanjang perjalanan, saya saja yang sibuk bicara-tanya ini itu, termasuk memperhatikan cara si abang tukang perahu ini mengemudikan perahu kami.

]


















Selepas perjalanan tur kami dengan perahu, kami mulai mencari makanan untuk makan siang. Eergh... agak lama karena rata-rata warung menjual pakan tidak halal. Selusur menelusur, untungnya teman saya tau tempat makan muslim halal. Tempatnya persis dipinggir sungai Chao Phraya! Wow...

Jadilah saya makan nasi Briyani (nasi kuning India dengan paha ayam), minum air mineral, dan desert salad sayuran bumbu kacang dengan kentang goreng kripik beserta agar-agar. Slurrp!...




















Seusai makan siang, kebingungan mulai terjadi. Saya tidak tau mau dibawa kemana oleh teman-teman saya ini. Yang penting ikut saja lah...

Kami menyusuri jalan sampai keluar pasar. Di pasar, teman saya sempat membeli harummanis untuk saya. Harum manis di sini bentuknya kasar, cara makannya dengan dibungkus dadar hijau manis.




















Sementara teman saya masih berkutat dengan kebingungan akan rencana tujuan trip selanjutnya, akhirnya kami memutuskan untuk ngaso dulu di Thammasat University yang letaknya tak jauh dari sungai Chao Phraya. Universitasnya bagus dan bersih, meskipun gedung-gedungnya tampak sudah tua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar