Selasa, 20 Desember 2011

Kunjungan Industri

Salah satu kewajiban mahasiswa yang kuliah magister manajemen di tempat saya adalah mengikuti kunjungan industri.

Saya bukan panitia yang jelas, sudah beberapa lama saya tidak menginginkan lagi terlibat dalam acara kemahasiswaan. Nah, pada kunjungan kali ini juga saya hanya tinggal bayar & dapat fasilitas, hehe.

Pagi-pagi jam 7 kami sudah kumpul di kampus, tak lupa foto-foto dulu di depan bis.














Setelah mendapat pengarahan, peresmian dan pelepasan-diikuti doa oleh pak Rektor, kami pun berangkat menuju Jababeka.















Kunjungan industri tahun ini adalah ke area Jababeka industri. Jababeka itu ternyata singkatan dari Jawa Barat Bekasi. Ealah.... Yang kami kunjungi adalah kantor pengelolanya, yang juga menjadi satu dengan area Water Treatment Plant keseluruhan Jababeka.















Acaranya sendiri sangat singkat, saya pikir. Dengan jarak tempuh perjalanan satu setengah jam, kami sudah sampai di Jababeka. Kemudian, kami langsung diarahkan menuju ruang pertemuan. Disinilah berlangsungnya acara sambutan, presentasi perusahaan, dan tanya jawab.

Ergh, menurut saya juga nggak begitu banyak penjabarannya. Toh informasi yang saya dapat di websitenya lebih lengkap....

Setelah itu, kunjungan industri diakhiri dengan keliling fasilitas WTP-nya dan selanjutnya tur kawasan Jababeka.














Oh iya, satu hal yang menarik mengenai WTP ini adalah kawasan industri Jababeka mengambil suplai air dari Waduk Jatiluhur, bukan air tanah. Nah, air si waduk ini yang diproses dengan bahan kimia di WTP Jababeka sampe menjadi air "siap minum". Air ini kemudian dimanfaatkan berbagai macam indutri untuk suplai airnya. Salah satunya adalah produsen eskrim Walls... Intinya, air yang digunakan untuk membuat eskrim itu adalah air waduk, hehe.

1 komentar: