Kamis, 05 Mei 2011

Nostalgia Guru Bahasa















Dari judulnya sudah jelas postingan kali ini membahas sth happend in the past. Yup, dengan didukung fasilitas internet dan laptop di rumah, jadilah saya bergerilya mencari teman-teman lama di fb (facebook.red.).

"Teman" yang saya maksud di sini adalah mantan siswa saya dulu. Sekitar 5 tahun lalu, tahun 2006, saya menjadi tutor bahasa Indonesia untuk sebuah tempat kursus bahasa. Klien saya yang pertama adalah dari deplu, yang dikirim adalah para diplomat dari negara ASEAN + 3 untuk belajar bahasa Indonesia.

Banyak hal yang terjadi selama 3 bulan kami bersama-sama, baik senang maupun sedih. Keprofesionalan jadi baur di sini, antara teman, atau klien. Kali itu saya pilih menjadi teman mereka, dan menanggung resiko tidak akan dipakai lagi oleh institusi sebagai tutor. Bagi saya saat itu, bisa berteman dengan mereka lebih berharga daripada menjadi guru mereka.

Nah, setelah kepergian saya ke Thailand yang menyisakan kenangan-kenangan, dan berhubung gema negeri ini menjadi host ASEAN tahun ini, maka saya mencari-cari lagi teman-teman lama saya.

Resistance ya, kayaknya saya masih mimpi dan masih ingin melanjutkan mimpi saja.

Biarlah, meskipun saya bukan diplomat, ada keinginan saya untuk menyatukan mereka lagi dalam forum di fb, mudah-mudahan konflik yang ada dapat teratasi dan membawa perdamaian, serta kerjasama di antara kami, para anggota ASEAN+3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar