Selasa, 10 Agustus 2010

Expo versus Fair




Nyiahahaha...kalau baca judul di atas, apa yang terpikirkan?

Judul tersebut aslinya dari Singapore Expo versus Jakarta Fair.

Kemarin waktu ke Singapore saya sempat juga ke event tahunannya Singapore ini, plus merayakan hari kemerdekaannya Singapore.. yang ke 45 kalo nggak salah, hehe.

Kalo Singapore punya Singapore Expo, Jakarta juga punya Jakarta Fair. Perbedaannya?

Hehe, yang paling mencolok ya kalau Jakarta Fair itu lokasinya bener-bener GEDE BANGET dan LUAS BANGGGET. Plus, kalo Jakarta Fair itu acaranya macam-macam dari mulai pameran sampe pasar malam, sesuatu yang nggak ada di Singapore Expo. Orang mulai dari kalangan bawah sampai atas bisa datang kesana dan bergembira. Itu keunggulan dari Jakarta Fair.

Kekurangannya Jakarta Fair dibandingkan Singapore Expo? Hehe, sudah bisa ditebak, selain aksi kotornya masyarakat Indonesia, pengadaan tiket masuk dan akses kendaraan umumnya lumayan membuat orang mikir-mikir dulu kalo mau kesana *terutama saya*. Beda dengan Singapore Expo. Mendadak ada rute MRT (kereta) dengan stasiun 'Expo', langsung ke tempat pameran. Lalu, yaa... seperti biasanya lah, lingkungannya yang bersih itu loh, yang membuat enak jalan-jalan. Tempatnya? Keciiilll... dipisah-pisah setiap ruangan dan barang yang dijualnya.

















Yang paling berkesan yaitu waktu saya dapat buku pengembangan pribadi hanya seharga $5 (SGD; Singapore dollar = Rp. 33.050!) di Singapore Expo itu. Tempat jualannya modelnya kayak buku-buku obralan. Jadi saya bongkar-bongkar tumpukan, dan hasilnya saya dapat buku bagus ini. Padahal saya cek di Amazon.com, harga + shipping-nya sekitar $12.21 (USD = Rp. 108.376!. Komentar pembeli, dari 223 orang sebanyak 180 orangnya menyebut buku ini ratenya 5 bintang, keren bangeeett.........

Bukunya bagus, sampul dan isinya kertasnya tebal, isinya full color dengan gambar krayon disana sini, lumayan tebal pula isinya.

Alhamdulillah, saya bersyukur bisa mendapat keuntungan ini. Apalagi, ditambah semua uang yang saya belanjakan selama di Singapore termasuk transportasi dan akomodasinya adalah GRATIS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar