Sabtu, 28 Januari 2012

Pertunjukan Budaya dan Pameran ASEAN















(Citation from ASEAN Sec WEB)

In the spirit of "One Vision, One Identity, One Community", the ASEAN Secretariat proudly presents the ASEAN Cultural Show and Exhibition 2012 from 20-22 January at Gandaria City Mall, Jakarta. With the objectives to maintain and preserve the art and culture of ASEAN community, this public event will feature art and culture from 10 ASEAN countries which will be packed into various shows, music performances, and exhibitions.

The event will be officially opened on Friday, 20 January 2012 from 6.30 to 9.30 pm, by Secretary-General of ASEAN, Dr Surin Pitsuwan; representative from Ministry for Foreign Affairs of Indonesia, Ambassador Djauhari Oratmangun; and Governor of the Special Region of Jakarta, Dr Fauzi Bowo. Invitees will include members of the diplomatic corps – from ASEAN Member States, Dialogue Partners and other Embassies in Jakarta, Cultural Centres, ASEAN Secretariat staff, students, and most important of all, the public. The Opening Night will feature special performances by Indonesian famous singers Once Mekel and Maribeth from the Philippines.

This activity is part of continuing efforts of ASEAN Member States and ASEAN Secretariat to reach out to the public and continue to engage them in ASEAN events and activities.

ASEAN continues to uphold the spirit of community building through series of events and activities that involve public participation. Highlights in 2011 included ASEAN Fun Bike in July, Presidential Lecture and Commemoration of the ASEAN Day on 8 August, the ASEAN Rickshaw Run in October, ASEAN Plus Culinary Festival in September, and many other public events held at the sidelines of ASEAN Summits and Meetings.

The ASEAN Cultural Show and Exhibition 2012 is a joint effort of ASEAN Secretariat with ASEAN stakeholders in Jakarta. This event is supported by Bank Indonesia (BI), Bank Negara Indonesia (BNI), PT Newmont Nusa Tenggara, Gandaria City and Business Indonesia, and organised by PT Paratus Peritus.


Undangan untuk menghadiri acara kali ini tidak saya sia-siakan lagi. Saya baru tahu dan baru lihat kali ini event Aseansec yang diselenggarakan di tempat keramaian publik. Sebetulnya bulan September tahun lalu ASEAN Plus Culinary Festival sudah diselenggarakan dengan mengambil lokasi di salah satu mall juga di daerah Kelapa Gading, namun karena lokasi dan keadaan waktu itu tidak memungkinkan, saya tidak datang.

Nah, untuk acara pembukaan ASEAN Cultural Show and Exhibition 2012, kebetulan dapat saya hadiri. Hehe, biasanya event yang diadakan Aseansec pelayanannya selalu memuaskan, dan begitulah adanya.. (^.^)




















Pembukaan diawali dengan sambutan dari pak Pramono, dari Kementrian Luar Negeri RI.





















Sambutan selanjutnya diberikan oleh Pak Darmadi Sutanto, perwakilan dari BNI, sebagai salah satu sponsor acara ini.





















Sambutan terakhir sekaligus pembuka acara adalah dari bapak H.E. Dr. Surin Pitsuwan, sekretaris jenderal ASEAN Sekretariat.

Acara ini sangat menarik karena diadakan di panggung terbuka Piazza, Gandaria City mal. Namun, entah mengapa pengunjung yang datang hanya sedikit, hanya tamu-tamu undangan yang rata-rata berpakaian batik. Padahal, ini event kelas internasional lho. Penerima tamunya para abang-none putra-putri daerah, ada counter khusus snack, minuman ringan sampai wine gratis, ada berbagai macam orang dari berbagai macam negara, dikasih goody bag pula. Para pengunjung mal hanya sedikit yang tertarik datang dan melihat jalannya acara.















Pertunjukan pertama ialah show pembukaan dari para diplomat, dubes dan bapak Sekjen Asean sekretariat sendiri. Show kali ini hanya memegang gitar listrik, tidak memainkan suatu lagu, hehe















Pertunjukan selanjutnya adalah tarian Saman dari Sumatra. Tarian andalannya Indonesia yang baru-baru ini masuk UNESCO list for cultural heritage.



















Pertunjukan kedua adalah Muay Thai atau Tinju Thailand. Yang mempertunjukkan seni ini adalah anak kecil yang baru berusia 8 tahun. Keren deh, sayangnya saya tak sempat mengambil foto yang bagus!



















Berharap sekali ada Once atau Maribeth manggung, ternyata para penonton malah disuguhi band selingan, KSP band. Yang membuat saya melirik jam, ingin buru-buru pulang... :-P















Setelah lihat kiri-kanan, saya memberanikan diri untuk yang kedua kalinya meminta bapak H.E. Dr. Surin Pitsuwan untuk berfoto bersama. Momen berharga tidak akan saya sia-siakan atau saya akan menyesal seumur hidup *senyum. Buktinya, setelah saya berfoto dengan beliau, banyak tuh yang minta berfoto bersama beliau lagi.















Bagi saya, dia orang yang baik sekali. Pas saya bilang kalau saya ingin berfoto, dia langsung jalan mendahului saya, ternyata mencari spot berfoto yang menurut dia keren! Hiks, terharu. Khob khun kha....

Nah, ini dia Gandaria City, mal superbesar yang tidak sempat saya tengak-tengok isinya karena fokus pingin datang ke acara itu saja, sudah itu pulanglah saya ke rumah tercinta.


4 komentar:

  1. Saya tertarik dengan kata kata "tamu-tamu undangan yang rata-rata berpakaian batik" dengan demikian para tamu sudah menampilkan salah satu budaya Indonesia (batik) di even Internasional....
    Salam sahabat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering juga pak, rata-rata kalau ada event spt itu org2 dari deplu & mancanegara bnyk jg yg pakai batik daripada jas :-)

      Hapus
  2. wuiii enaknya yah sob...!!! gimna caranya bisa ikut-ikut gitu mbak..?? hehehehe...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, suka liat update kegiatannya aja di websitenya ^_^

      Hapus